Memulai Tahun Ajaran 2019 dengan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kali ini saya akan membahas materi tentang rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 yang ada di SMK, pengertian kurikulum 2013 revisi 2017, penjelasan adanya HOTS, 4C, LITERASI, PPK, serta tujuan sekolah di SMK. Mari simak selengkapnya dalam artikel saya. Di tingkat SMK tentu saja berbeda dengan SMA. SMK adalah Sekolah Menengah Kejuruan dan tentu saja pelajarannya sedikit berbeda dengan SMA. Pelajaran di SMK mengarah ke kejuruan seperti akuntansi, managemen perkantoran, kimia industri dll. Dan setelah lulus, sekolah di SMK dapat langsung siap bekerja.

Pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 tidak jauh berbeda dengan revisi 2016. Hanya saja dikurikulum 2013 ini terdapat 4 poin yang perlu ditekankan dalam proses pembelajaran yang harus dipahami oleh guru. Empat poin tersebut antara lan : * Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), * HOTS, * 4C, * LITERASI, Penjelasan adanya 4 poin di atas tersebutyaitu :
 PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter )
Di dalam PPK terdapat 5 karakter yang diperkuat antara lain : karakter religius, karakter nasionalis, karakter integritas, gotong royong, mandiri.
 HOTS ( Higher Order Thinking Skill )
HOTS merupakan kemampuan cara berpikir dengan logis, kritis, reflektif dan berpikir secara kreatif.
 4C ( Creative, Critical thinking, Communicative dan Collaborative)
Kreativitas merupakan suatu kemampuan dalam menyampaikan, mengembangkan dan menciptakan gagasan bau sehingga dapat menghasilkan karya/penemuan baru yang memiliki nilai tinngi. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk memahami sebuah masalah yang rumit untuk dapat menemukan solusi dari masalah agar dapat terselesaikan dengan baik.Komunikasi merupakan suatu kegiatan informasi baik secara lisan maupun tertulis.Kolaborasi merupaan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan pencapaian dan tujuan yang diharapkan.
 Literasi
Merupakan kemampuan untuk mengakses, memahami dan menggunakan sesuatu dengan cerdas melalui kegiatan seperti membaca, menulis, menyimak, dll.

Nah jadidapat disimpulkan bahwa seluruh smk / mak baik negeri atau swasta di tahun ajaran 2019/2020 ini semua wajib menggunakan minimal kurikulum 2013 revisi 2017 (k13 revisi). Lihat disini : rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 untuk info lebih lanjut. Semoga yang kami sampaikan berguna.

Leave a comment